SESI TANYA JAWAB PEMERIKSAAN PENUNJANG BAGI PASIEN EPILEPSI

03/08/2023 Views : 67

Ni Putu Ayu Putri Mahadewi




Apakah Epilepsi ?


Epilepsi adalah kelainan otak yang ditandai dengan kecenderungan terus menerus untuk menimbulkan bangkitan epileptik dengan konsekuensi neurobiologis, kognitif, psikologis, dan sosial. Bangkitan yang terjadi merupakan tanda/ gejala yang bersifat sesaat akibat aktivitas neuronal yang abnormal dan berlebihan di otak. Minimal terdapat 2 bangkitan tanpa provokasi atau 2 bangkitan refleks dengan jarak waktu antar bangkitan pertama dan kedua lebih dari 24 jam.




Apakah Elektroensefalografi (EEG) ?


Electroencephalogram atau elektroensefalografi (EEG) berasal dari bahasa Yunani, suatu terminologi untuk menunjukan "electrical picture of the brain".




Apakah jenis pemeriksaan pencitraan kepala (imaging)?


Pemeriksaan CT-Scan kepala dengan kontras atau pemeriksaan MRI kepala dengan kontras.




 Apakah obat kontras ?


Kontras adalah sejenis obat yang disuntikan sebelum dilaksanakan pemeriksaan pencitraan (imaging) yang bertujuan untuk diagnostik (menegakan diagnosis). Obat kontras yang digunakan mengandung senyawa yodium organik.




Apakah semua pasien yang dilakukan CT-Scan atau MRI kepala disuntikan obat kontras?


Tidak. Penggunaan obat kontras menyesuikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing pasien. Fungsi ginjal yang baik adalah syarat penggunaan obat kontras pada pasien.




Saya telah melakukan pemeriksaan EEG, apakah saya perlu melakukan pemeriksaan CT-Scan atau MRI kepala lagi? atau pun sebaliknya, setelah saya CT-Scan atau MRI kepala, apakah saya perlu melakukan pemeriksaan EEG ?


Iya Benar. Pemeriksaan EEG perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan CT-Scan atau MRI kepala ataupun sebaliknya, setelah pemeriksaan CT-Scan atau MRI kepala perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan EEG.




Mengapa ?


Karena pemeriksaan EEG dan CT-Scan atau MRI kepala memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda.




Apakah tujuan pemeriksaan EEG ?


Pemeriksaan EEG bertujuan untuk merekam kelistrikan (fungsional) otak pasien berupa gelombang otak. Listrik otak bekerja selama 24 jam pada semua otak manusia. Pasien epilepsi akan mengalami aktivitas neuronal abnormal dan sesaat berupa gambaran cetusan listrik otak yang terjadi dalam waktu sesaat yang abnormal terekam dalam pemeriksaan EEG.




Apakah tujuan pemeriksaan CT-Scan atau MRI kepala ?


Pemeriksaan CT-Scan atau MRI kepala adalah pemeriksaan pencitraan (imaging) otak yang bertujuan untuk menilai struktur anatomi otak. Mengetahui beberapa kondisi kelainan anatomi yang dapat menyebabkan epilepsi seperti tumor otak, stroke dan lainnya.




 Sumber :


1. Pedoman Tatalaksana Epilepsi, Perdossi, 2019


2. Wyllie, Wolter Kluwer, Treatment of Epilepsy Priciples and Practice, 2021