Journal article

ANALISIS EKUITAS MEREK PRODUK WATERBASED FINISING IZYKOTE (KASUS DI KABUPATEN GIANYAR)

Adianti I Putu Gde Sukaatmadja

Volume : 6 Nomor : 2 Published : 2012, November

MATRIK

Abstrak

Analisis Ekuitas Merek Produk Waterbased Finising Izykote (Kasus di Kabupaten Gianyar). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kesadaran keberadaan merek, kepercayaan merek, kepuasan merek, dan loyalitas merek, terhadap ekuitas merek dari produk waterbased finishing merek Izykote sehingga dapat menyusun strategi pemasaran lebih lanjut. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, maka dilakukan penelitian dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 160 pengrajin di Kabupaten Gianyar. Metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipilih berdasarkan penilaian peneliti. Data dikumpulkan dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan data diolah dengan program komputer AMOS Versi 6, dan SPSS Versi 15. Berdasarkan hasil analisis, kesadaran keberadaan merek berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek yaitu sebesar 0,47, kesadaran keberadaan merek berpengaruh positif terhadap kepuasan merek yaitu sebesar 0,42, kepecayaan merek terhadap loyalitas merek berpengaruh positif yaitu sebesar 0,30, kepuasan merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek yaitu sebesar 0,40, dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek yaitu sebesar 0,32. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja manajer khususnya bagian pemasaran dengan lebih memperhatikan peluang pasar, dapat memenuhi kebutuhan pasar, menjaga loyalitas para pengrajin, sehingga dapat tercipta ekuitas pada merek. Selain itu perlu juga perusahaan perlu memperhatikan dan mempertahankan setiap pelanggan yang pada dasarnya percaya, puas, dan setia terhadap merek Izykote, agar dapat terciptanya ekuitas merek yang kuat di Kabupaten Gianyar. Kata kunci : kesadaran keberadaan merek, kepercayaan merek, kepuasan merek, loyalitas merek, dan ekuitas merek.