Journal article
Fenomena Media Periklanan terhadap Citra Kota Denpasar Studi Kasus di Beberapa Persimpangan Jalan Utama Kota Denpasar
I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Putra GUSTI AYU MADE SUARTIKA
Volume : 5 Nomor : 2 Published : 2018, October
Ruang-Space: Jurnal Lingkungan Binaan (Journal of The Built Environment)
Abstrak
Penelitian ini mengambil lokasi di beberapa persimpangan jalan utama Kota Denpasar. Di persimpangan jalan keindahan atau kejelekan sudut-sudut kota akan terlihat. Penempatan media periklanan pada persimpangan jalan walaupun tetap bisa mewadahi beberapa kegiatan secara bersamaan, tetap mengakibatkan adanya berbagai gangguan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan tiga tujuan. Pertama mengidentifikasi kondisi eksisting media periklanan pada obyek penelitian. Kedua mengkaji permasalahan sebagai akibat digunakannya persimpangan jalan sebagai berdirinya media periklanan berdasarkan fungsi dan regulasi. Ketiga melihat alternative arah penataan kedepan berdasarkan korespondensi yang berkaitan dengan citra kota. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif, yang didukung oleh dokumentasi foto terkait 22 media dari lima persimpangan yang disurvey. Hasil penelitia nmenunjukkan terjadinya pelanggaran dengan banyaknya titik reklame yang tidak berijin. Sebagian besar tampilan langgam dan material media periklanan tidak mengaplikasikan tampilan tradisi sebagai ciri citra kota budaya. Hasil masukan responden 65% menunjukkan ketidakpuasan terhadap kondisi media periklanan saa tini. Dengan 67% faktor ketidakpuasan diakibatkan perfomansi media yang tidak mencerminkan citra kota budaya. Kata kunci: media periklanan, persimpangan jalan, estetika budaya