Journal article
Implementasi Prinsip-prinsip Desain Arsitektur pada Rancangan Taman Edukasi di Kota Denpasar, Bali
Putu Gede Bagus Muliawan I MADE ADHIKA NI MADE SWANENDRI
Volume : 6 Nomor : 1 Published : 2018, January
Jurnal Arsitektu Universitas Udayana
Abstrak
Taman Edukasi adalah kawasan edukasi yang dibangun dengan konsep pengembangan kawasan yang terencana, terintegrasi dalam rangka memberikan layanan edukasi, ruang berekspresi, sekaligus ruang berrekreasi. Kegiatan dalam Taman Edukasi meliputi kegiatan indoor dan outdoor, masyarakat dapat menikmati fasilitas yang disediakan sessuai yang diinginkan, Taman Edukasi diharapkan mampu meningkatkan kualitas edukasi dan mampu meminimalisir tingkat strees masyarakat kota Denpasar. Dalam rangka meningkatkan kualitas edukasi sekaligus meminimalisir tingkat strees masyarakat kota Denpasar, rancangan Taman Edukasi di Kota Denpasar harus dirancang semenarik mungkin agar civitas atau pengunjung merasa nyaman dan senang beraktivitas pada area Taman Edukasi. Rasa nyaman dan senang diciptakan dengan tema dan konsep rancangan yang dipilih. Tema dan konsep yang telah dipilih selanjutnya diterapkan pada desain layout, tampak atau tampilan fasad bangunan, serta penciptaan suasana ruang. Penerapan Tema dan Konsep tersebut tidak dapat lepas dari prinsip-prinsip dasar perancangan arsitektur, agar desain yang diciptakan mampu memnuhi hasrat perancang maupun hasrat pengunjung. Kata Kunci : Taman edukasi, Denpasar, Desain