Journal article

STUDI SEASONED EQUITY OFFERINGS PADA PERUSAHAANPERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

Ade Kusuma Dewi I Gst. Bgs. Wiksuana Henny Rahyuda

Volume : 5 Nomor : 11 Published : 2016, November

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Keputusan pendanaan pada perusahaan yang sudah go public dapat dilakukan dengan cara menggunakan hutang atau penerbitan saham baru (SEO). Seasoned equity offerings (SEO)dilakukan dengan harapan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, karena tambahan dana hasil penjualan saham dapat digunakan perusahaan untuk keperluan operasional, sebagai modal perusahaan ataupun untuk tambahan investasi yang menunjang penjualan perusahaan.Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang menngadakanright issue ditahun 2011 akan digunakan sebagai populasi, dengan metodesampling menggunakan purposive sampling, yang terdiri dari 18 perusahaan. Kinerja keuangan akan di uji dengan analisis rasio, yang terdiri dari likuiditas (CR), leverage (DER), efektifitas (TAT), profitabilitas (ROE), dan penilaian pasar (PER). Alat analisis menggunakan uji wilxocon, yaitu untuk melihat kinerja keuangan perusahaan tiga tahun sebelum SEO (2008 – 2010) dan tiga tahun sesudah SEO (2012 -2014). Berdasarkan hasil penelitian terhadap rasio yang digunakan hanya likuditas (CR) yang mengalami peningkatan yang setelah SEO dan leverage (DER) perusahaan yang mengalami penurunan yang setelah SEO. Kata Kunci : Seasoned equity offerings, right issue, keputusan pendanaan