Journal article
PERAN UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN DALAM MEMODERASI PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS
Ni Luh Made Wiwiek Oktapiani I Gst. Bgs. Wiksuana
Volume : 7 Nomor : 3 Published : 2018, March
E-Jurnal ManajemenUnud
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas serta mengetahui kemampuan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan dalam memoderasi pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat asosiatif. Penelitian ini berlokasi pada perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia periode 2012 - 2016 dengan jumlah populasi 42 perusahaan dan sampel yang digunakan berjumlah 25 perusahaan. Teknik analisis pada penelitian ini adalah moderate regression analysis (MRA). Berdasarkan pengujian asumsi klasik menunjukkan hasil bahwa model regresi yang digunakan sudah tepat. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi moderasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara struktur modal terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas tetapi pertumbuhan penjualan tidak mampu memoderasi pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas. Kata kunci: struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan.