Journal article
KINERJA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) NAGA BERBASIS BALANCED SCORECARD DI GIANYAR
Ida Ayu Surya ningrat Intan Sari I Gst. Bgs. Wiksuana LUH GEDE SRI ARTINI
Volume : 5 Nomor : 4 Published : 2016, April
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Balanced Scorecard merupakan sebuah konsep manajemen yang mengukur kinerjaperusahaan melalui empat perspektif. Keempat perspektif ini mewakili tiga stakeholder utama dariperusahaan yaitu para pemegang saham, customers dan para karyawan. Penelitian ini merupakanstudi kasus untuk mengetahui penilaian kinerja PT BPR NAGA berbasis balanced scorecard daritahun 2011 sampai tahun 2014. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil padaperspektif keuangan, empat rasio keuangan yang digunakan yaitu NPL, LDR, BOPO dan ROAmenunjukkan kondisi yang sehat. Perspektif pelanggan walaupun terjadi penurunan tingkatpertumbuhan nasabah tetapi tingkat kepuasan nasabah berada dalam kondisi puas. Perspektifproses bisnis internal berdasarkan rasio realisasi kredit dan service cycle efficiency (SCE)menunjukkan adanya peningkatan dalam penyaluran kredit ke masyarakat. PerspektifPembelajaran dan Pertumbuhan baik tingkat employee retention dan tingkat kepuasan karyawanmenunjukkan hasil yang puas. Secara keseluruhan penilaian kinerja PT BPR NAGA berbasisbalanced scorecard berada dalam kondisi baik dengan nilai indeks komposit yang diperolehsebesar 3,012.Kata kunci : balanced scorecard, indeks komposit, penilaian kinerja