Journal article

Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Pada Earning Response Coefficient Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi

Nyoman Sutrisna Dewi1 I Ketut Yadnyana

Volume : 26 Nomor : 3 Published : 2019, March

e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Sampel yang diperoleh sejumlah 58 perusahaan dengan 174 amatan. Penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Moderated Regression Analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh negatif pada ERC. Semakin tinggi perusahaan menghasilkan keuntungan dan semakin tinggi tingkat leverage yang dimiliki maka semakin rendah nilai ERC perusahaan. Ditemukan hasil bahwa ukuran Perusahaan mampu memperlemah pengaruh profitabilitas pada ERC dan ukuran perusahaan memperkuat pengaruh leverage pada ERC. Kata kunci: Profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, earning response coefficient ABSTRACT This research was conducted at manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015-2017. The sample obtained was 58 companies with 174 observations. Determination of the sample using non probability sampling method with purposive sampling technique. The data analysis technique used is the Moderated Regression Analysis test. Based on the results of this study it was found that profitability and leverage had a negative effect on the ERC. The higher the company makes a profit and the higher the leverage level it has, the lower the ERC value of the company. It was found that Company size can weaken the influence of profitability on the ERC and company size can strengthened the influence of leverage on the ERC. Keywords: Profitability, leverage, company size, earnings response coefficient