Journal article
Pengaruh E-Commerce dan Efektivitas Kerja Pengguna terhadap Kinerja Perusahaan Pada Usaha Kecil, Menengah Di Denpasar
Ni Made Werin Sarastyarini1 I Ketut Yadnyana
Volume : 23 Nomor : 4 Published : 2018, December
e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan efektivitas kerja pengguna terhadap kinerja perusahaanpada usaha kecil dan menengah di Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah 766 UKM yang menggunakan e-commerce di Denpasar dan sampel yang diambil adalah 88 UKMyang menggunakan e-commerce di Denpasar. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui survei yang diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada para responden. Responden dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda (multiple linear regression) dengan software SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan pada usaha kecil dan menengah akan semakin meningkat apabila pelaku usaha menggunakan e-commerce dalam menjalankan dan mengembangkan usahanyadan peningkatan pada efektivitas kerja pengguna ecommerce akan diikuti juga dengan peningkatan kinerja perusahaan pada usaha kecil dan menengah yang menggunakan e-commerce di Denpasar. Kata kunci: E-Commerce, Efektivitas Kerja Pengguna, Kinerja Perusahaan ABSTRACT The purpose of this study is to determine the effect of e-commerce and effectiveness of the user's work on the company's performance on small and medium enterprises in Denpasar. The population in this study were 766 SMEs using e-commerce in Denpasar and the samples taken were 88 SMEs using e-commerce in Denpasar. The sample in this research is determined by probability sampling method with simple random sampling technique. Data collection was done through survey obtained by distributing questionnaires to the respondents. Respondents in this study are business actors. Analytical technique used multiple linear regression with SPSS 22.0 software. The results showed that the performance of companies in small and medium enterprises will increase if the business actors using e-commerce in running and developing business and improvement on the effectiveness of e-commerce users will be followed also by improving the performance of companies in small and medium enterprises that use ecommerce in Denpasar. Keywords: E-Commerce, User Work Effectiveness, Corporate Performance