Journal article

Strategi Pengembangan Usaha Garam Rakyat di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung

Oppattriana Sinaga MADE ANTARA RATNA KOMALA DEWI

Volume : 4 Nomor : 1 Published : 2020, May

AGRISOCIONOMICS Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian

Abstrak

Permintaan garam yang semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk dan perkembangan industri menyebabkan suatu negara harus mampu meningkatkan produksinya agar kebutuhan nasional dapat terpenuhi. Usaha garam di Desa Kusamba agar dapat berkembang membutuhkan suatu perumusan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal, merumuskan strategi umum, strategi alternatif dan prioritas strategi usaha garam rakyat di Desa Kusamba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Proses penentuan strategi dilakukan melalui matriks IFAS, EFAS, SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis faktor internal, kekuatan utama usaha garam di Desa Kusamba yaitu garam yang dihasilkan organik dan memiliki cita rasa yang khas (0,23). Kelemahan utama yaitu modal usaha terbatas, pemasaran belum optimal, dan kemasan yang digunakan masih sederhana (0,08). Faktor eksternal yang menjadi peluang utama yaitu pertumbuhan konsumsi garam semakin meningkat (0,30). Ancaman utama yaitu belum memiliki mitra kerja, tidak ada generasi muda dalam meneruskan dan mempertahankan garam Kusamba, dan harga garam pesaing lebih murah (0,13). Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, terdapat 11 alternatif dengan prioritas strategi yang terpilih yaitu menetapkan dan mempertahankan harga garam di Desa Kusamba. Kata kunci : Garam Kusamba, faktor internal dan eksternal, strategi pengembangan