Journal article

KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR ORGANIK PADA GERAI JUAL DI KOTA DENPASAR

Ni Kadek Ririn Diana Santi MADE ANTARA WIDHIANTHINI

Volume : 8 Nomor : 1 Published : 2020, May

Jurnal Managemen Agribisnis

Abstrak

Pertanian adalah sektor dengan kekuatan terbesar di Indonesia. Salah satu produk pertanian potensial di Indonesia adalah sayuran. Dalam hidup kita, sayuran memainkan peran penting, seperti memenuhi kebutuhan makanan kita dan meningkatkan gizi. Itu karena mereka adalah salah satu sumber mineral, vitamin, serat, antioksidan dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sayuran organik adalah komoditas hortikultura yang memiliki keuntungan bebas dari residu pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. Saat ini, itu menjadi tren di kalangan masyarakat sebagai bentuk gaya hidup sehat. Penelitian ini bertujuan menganalisis sistem bauran pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian sayuran organik di gerai-gerai di Kota Denpasar. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan accidental sampling, dan diperoleh 60 responden. SEM-PLS digunakan sebagai teknik menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem bauran pemasaran di outlet di Kota Denpasar telah menerapkan 5 variabel, yaitu produk, harga, tempat, promosi dan bukti fisik, secara signifikan, kelima variabel tersebut mempengaruhi keputusan dalam pembelian sayuran organik.