Wisdoms of Philosophers-Greek-Post Modern

Mahasiswa s3 Linguistik-Penyunting I Nengah Sudipa

ISBN : 9786236371367 Published : 2021

Abstrak

Pengantar Penyunting

 

          “menulis adalah kerja demi keabadian, setinggi-tingginya ilmu seseorang, kalau belum pernah menulis……? ‘ demikian sekelumit kutipan isi amanat Prof. Dr. I Ketut Artawa, MA, koordinator Program Studi Linguistik, Program Doktor pada waktu menjadi Pembina apel mingguan Fakultas Ilmu Budaya. Apel virtual yang dilaksanakan setiap hari Senin pagi itu berlangsung pada  tanggal 18 Oktober 2021. Isi amanat  ini memberi kesan mendalam bagi peserta apel, temasuk saya sebagai penyunting buku ini.

          Usai apel, kebetulan langsung saya mengajar Filsafat Ilmu pada Semester I, Mahasiswa Program Doktor Linguistik, saya berinisiatif  menugaskan mahasiswa untuk menulis sebagai tugas akhir. Tulisan-tulisan merekalah yang saya sunting menjadi sebuah buku yang isinya penuh renungan. Gagasan dalam buku ini cukup mendalam dan memberi wawasan bahan terkait kebijaksanaan yang relevan sampai saat ini. Bahan-bahan ini diadopsi dari pendapat para filsuf setelah diberikan critical review  oleh setiap mahasiswa dengan kedalaman nalar masing-masing.

          Judul buku ini tentu sangat atraktif dan inspiratif  karena sangat singkat dan mendalam isinya menjangkau prihal  Ilmu,  Pengetahuan dan filsafat Bahasa dari filsuf pada

(1)             Zaman Yunani dengan tiga filsuf tersohor,

(2) Zaman Semiotika,

(3) Zaman Hermeneutika.

(4) Zaman Post Modern

“Saya selalu mendorong dan memberi kesempatan kepada semua mahasiswa atau kolega supaya terus menulis. Tulisan  sesederhana apapun, kalau sudah berhasil diterbitkan akan mendapat rekognisi. Pengakuan akan lahirnya sebuah tulisan bisa datang, paling tidak  dari diri penulis sendiri, dan bila mungkin  dari pembacanya”,  demikian Bapak Pembina Apel  menutup amanat  pagi yang cerah itu, secerah hati setiap pembaca setelah menyimak buku yang penuh pencerahan ini.

 

 

Denpasar, Januari  2022

Penyunting