Collections of Semantic Works

Mahasiswa s32Linguistik-Penyunting I Nengah Sudipa

ISBN : 9786236371435 Published : 2022

Abstrak

Pengantar

 

Pada umumnya, tugas-tugas mahasiswa dikumpulkan oleh Korti, lalu dinilai oleh dosennya, diikat dan kemudian ditaruh di Gudang. Berbeda dengan tugas mata kuliah Semantik pada Program Magister Linguistik tahun 2021, semua karya semantik ini dikumpulkan dalam bentuk sebuah buku. Sungguh suatu kehormatan bagi para mahasiswa yang sudah menyerahkan tugas, dan setelah diberi feedback, dikumpulkan untuk diterbitkan dalam wujud buku ilmiah. Nilai keilmiahan yang ada pada setiap tugas mahasiswa  mestinya diberikan posisi yang layak, menjadi book chapter dalam terbitan. Bisa dibayangkan nasib tugas berupa paper-paper lepas, tercecer atau diikat, BILA ditaruh  di Gudang? Apalagi tugas ini  dikerjakan oleh mahasiswa dengan serius dengan perenungan mendalam yang memerlukan waktu!

Buku yang diberi judul Kumpulan Karya Semantik bertujuan memberi kesan apresiasi yang bermakna atas usaha keras mahasiswa. Buku ini merupakan kumpulan karya semantik oleh mahasiswa Magister Linguistik, diawali dengan definisi, bayang-bayang ilmu makna’ semantic shadows’ penerapan teori-teori semantik dan penutup sebagai ‘signpost’

Definition, sebagai layaknya sebuah ilmu diberikan uraian mengenai luas jangkauan ilmu Makna ini. Semantic Shadow, dengan ringkas memberikan elaborasi aspek-aspek dan perkembangan, termasuk teori semantik mutakhir, Application, selain mahasiswa belajar secara teoritis, mereka juga ditugaskan menerapkan teori semantik secara lintas Bahasa, ada datanya dari Bahasa Indonesia, lokal dan asing. Signpost, sebagai simpulan, nampak jelas  posisi semantik di antara aspek-aspek linguistik lainnya : fonologi, morfologi dan sintaksis.

Tentu atas restu Koprodi Progam Studi Linguistik, Program Magister FIB Unud, dan kontribusi dari semua mahasiswa, penerbitan ini bisa dilaksanakan tepat waktu. Untuk itu editor  mengucapkan banyak terima kasih. Bila masih ada temuan berupa kekuranglengkapan isinya, ini merupakan kekurangan diri Penyunting.

Denpasar, Januari 2022

I Nengah Sudipa

Editor