RICE STEM BORER AND ITS EGG PARASITOID

30/06/2020 Views : 554

I NYOMAN WIJAYA


Penggerek batang padi merupakan hama utama tanaman padi di Indonesia. Di dunia terdapat 21 spesies penggerek batang yang beradaptasi pada agroekosistem padi.  Berdasarkan cirri morfologi ada enam jenis penggerek batang padi di Indonesia yaitu penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas Walker), penggerek batang putih (Scirpophaga. Innotata Walker), penggerek batang padi merah muda (Sesamia inferens Walker), penggerek batang padi bergaris (Chilo suppressalis Walker), penggerek batang padi kepala hitam (Chilo polychrysus Meyrick) dan penggerek batang padi berkilap (Chilo auricilius Dudgeon). Kelompok penggerek batang Scirpophaga dan Chilo termasuk kedalam famili Pyralidae, sedangkan kelompok penggerek batang Sesamia termasuk kedalam famili Noctuidae.


Musuh alami yang sering dijumpai berasosiasi dengan hama penggerek batang padi kuning adalah dari golongan parasitoid telur yaitu, Trichogramma  japonicum Ashm (Hymenoptera: Trichogrammatidae), Telenomus rowani Gahan (Hymenoptera: Scelionidae) dan Tetrastichus schoenobii Ferr (Hymenoptera: Eulophidae).


1.     Trichogramma japonicum Ashm


Parasitoid telur T. japonicum diklasifikasikan ke dalam kingdom Animal, filum  Arthropoda, klas Insecta, ordo Hymenoptera, famili Trichogrammatidae, genus Trichogramma dan spesies T.  japonicum Ashm. T. japonicum dijumpai di Jepang, India, Madagaskar, Filipina, Thailand, Cina, Amerika Tengah, Amerika Serikat, Malaysia dan Indonesia.


2.     Telenomus rowani Gahan


Klasifikasikan T. rowani ke dalam kingdom Animal, filum Arthropoda, klas Insecta, ordo Hymenoptera, famili Scelionidae, genus Telenomus, spesies Telenomus rowani Gahan. Penyebarannya meliputi negara Cina, India, Jepang, Malaysia, Thailand, Filipina, Pakistan, Kamboja dan Indonesia.


3.     Tetrastichus schoenobii Ferr


Klasifikasi  T. schoenobii ke dalam kingdom Animal, Filum Arthropoda,  klas Insecta,  ordo  Hymenoptera, famili Eulophidae, genus Tetrastichus dan spesies T. schoenobii Ferr. T. schoenobii dijumpai di Cina, Bangladesh, Filipina, India, Jepang, Malaysia, Pakistan, Seilangka, Taiwan, Thailand dan Indonesia.