Journal article
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN
Kadek Ayu Yogamurti IDA BAGUS ANOM PURBAWANGSA
Volume : 4 Nomor : 2 Published : 2015, February
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Meningkatkan laba perusahaan dan memaksimumkan nilai perusahaan merupakan tujuan yang saling berkaitan untuk meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham, sehingga hal tersebut menjadi pertimbangan penting dalam menjaga kelangsungan perusahaan. Lokasi penelitian dilakukan pada perusahaan food and beverages di BEI sebanyak 10 sampel perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi nonpartisipan melalui laporan keuangan. Hasil analisis dengan teknik analisis jalur membuktikan profitabilitas yang berperan sebagai variabel intervening utama tidak mampu memediasi ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh namun tidak signifikan secara statistik terhadap profitabilitas, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap leverage. Ukuran perusahaan dalam penelitian ini berpengaruh tidak signifikan secara statistik terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage dan profitabilitas mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan nilai perusahaan ABSTRACT Improving corporate profits and maximize the value of the company is interrelated objectives to improve the welfare of shareholders, so it is an important consideration in maintaining the continuity of the company. Location of the research done on food and beverage companies in the Stock Exchange of 10 sample companies. The data collection was done by using nonparticipant observation through financial statements. The results of analysis with proven track profitability analysis technique which acts as the main intervening variable is not able to mediate firm size and leverage on firm value. The results showed that the size of the company and the leverage effect, but not statistically significant on profitability, whereas no significant effect of firm size on leverage. Company size in this study was not statistically significant effect on firm value, while leverage and profitability have a significant positive effect on firm value. Keywords: firm size, leverage, profitability and corporate value