Journal article
PERAN PERCEIVED VALUE DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION
I Gusti Ayu Tirtayani Ni Wayan Ekawati Ni Nyoman Kerti Yasa
Volume : 14 Nomor : 2 Published : 2016, July
forum Manajemen
Abstrak
Green marketing merujuk pada kepuasan kebutuhan, keinginan dan hasrat pelanggan dalam hubungan pemeliharaan dan pelestarian dari lingkungan hidup. Manfaat yang didapatkan dengan adanya green marketing adalah menghasilkan produk yang menggunakan bahan baku yang ramah terhadap lingkungan (green product). Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Carrefour dan Hardy’s. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, dengan metode purposive sampling dan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa green marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perceived value,green marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention, perceived value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention, dan perceived value memediasi secara positif dan signifikan pengaruh green marketing terhadap purchase intention. Kata kunci: Green Marketing, Purchase Intention, Perceived Value