Journal article

Peran Kemitraan StakeholderTerhadap Kapabilitas Inovasi Dan Dampaknya Pada Kinerja Bisnis UKMDi Bali Dengan Mediasi Relational Quality

I Gst. Ayu Kt. Giantari Ni Nyoman Kerti Yasa

Volume : 15 Nomor : 2 Published : 2021, August

MATRIK Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran relational qualitydalam memediasipengaruh kemitraan pelanggan, kemitraan pemasok, dan kemitraan pesaing terhadap kapabilitas inovasi dan dampaknya pada kinerja bisnis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner.Populasi penelitian ini adalah pebisnis UKM di Bali. Besarnya sampel yang digunakan sebanyak 150 orang dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analysisdengan menggunakan SEM berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap relational quality. Kemitraan dengan pemasok juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap relational quality dan kemitraan dengan pesaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap relational quality. Selanjutnya relational qualityberpengaruh positif dan signifikan terhadap kapabilitas inovasi. Relational qualitymampu memediasi parsial secara signifikan pengaruh kemitraan pelanggan dan kemitraan pemasok terhadap kapabilitas inovasi. Namun dalam penelitian ditemukan bahwa kemitraan pesaing tidak memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kapabilitas inovasi, sehingga relational quality berperan sebagai mediasi sempurna (full mediation) antara kemitraan pesaing terhadap kapabilitas inovasi.Oleh karena itu penting bagi pebisnis UKM di Bali untuk meningkatkan kemitraan dengan pelanggan, pemasok, dan pesaing agar relational quality semakin baik sebagai dasar untuk meningkatkan kapabilitas inovasi yang berdampak pada peningkatan kinerja bisnis.Kata kunci: Kemitraan; Relational Quality; Kapabilitas Inovasi; Kinerja Bisnis