Journal article
PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI BADUNG
Desak Made Putriasih I Gst. Ayu Kt. Giantari
Volume : 26 Nomor : 2 Published : 2021, August
Buletin Studi Ekonomi
Abstrak
Di era globalisasi seperti sekarang ini, pembangunan usaha khususnya pada UMKM Kuliner berlangsung cepat. Untuk menghadapi persaingan dibutuhkan kemampuan wirausaha untuk berinovasi dalam produknya serta pengusaha mampu meningkatkan kinerja pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Badung terhadap pemilik atau pengelola UMKM kuliner. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 UMKM kuliner dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran; Orientasi kewirausahaan secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap inovasi produk; Inovasi produk secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan Inovasi produk secara signifikan memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran.