Journal article

PERAN EMOSI POSITIF DALAM MEMEDIASI STORE ATMOSPHERE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Duta Plaza Denpasar

Kadek Trisna Dewi I Gst. Ayu Kt. Giantari

Volume : 4 Nomor : 12 Published : 2015, December

E Jurnal Manajemen Unud

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran emosi positif dalam memediasi pengaruh store atmosphere terhadap pembelian impulsif studi pada konsumen Matahari Department Store Duta Plaza Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store Duta Plaza Denpasar yang pernah melakukan pembelian impulsif. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 70 orang, dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis SEM berbasis component atau variance yaitu PLS (Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS 3.1.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif dan emosi positif, serta emosi positif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Hasil perhitungan menunjukkan bentuk mediasi parsial yang berarti emosi positif memediasi secara parsial pengaruh store atmosphere terhadap pembelian impulsif. Kata kunci : store atmosphere, emosi positif, pembelian impulsif