Journal article
Penyuluhan Manajemen Bagi Pengusaha Kecil di Pesisir Pantai Sanur
I Gst. Ayu Kt. Giantari Ni Nyoman Kerti Yasa Henny Rahyuda Ni Wayan Ekawati I Putu Gde Sukaatmadja Made Kembar Sri Budhi
Volume : 15 Nomor : 3 Published : 2016, September
Jurnal Udayana Mengabdi
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman tentang kualitas layanan, kualitas produk, cara penetapan harga, cara melakukan komunikasi dan pengelolaan keuangan secara profesional kepada para pengusaha kecil yang ada di Pantai Sanur. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan yaitu mendatangi satu persatu peserta pengabdian, praktek, diskusi dan tanya jawab. Metode penyuluhan digunakan untuk menyampaikan pengetahuan secara umum tentang kualitas layanan dan laporan keuangan perusahaan yang sederhana kepada peserta. Praktek digunakan untuk memberikan keterampilan langsung mengenai pembuatan laporan neraca dan rugi laba yang sederhana sehingga mereka faham dan dapat mengaplikasikan dalam kegiatan usahanya. Tanya jawab digunakan untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh kedua metode di atas. Penyuluhan ini diikuti oleh para pengusaha yang terdapat di Pantai Sanur sebagai subyek sasaran. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa kegiatan ini cukup berhasil dilakukan hal ini dapat dilihat dari: (1) peserta yang berpartisipasi sesuai dengan target yaitu 100 persen (16 dari 16 orang pengusaha bersedia diberikan penyuluhan) (2) hasil penyuluhan dinyatakan sangat baik sesuai dengan kuesioner yang diisi oleh peserta, (3) Peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan yang dilihat dari keseriusan mengikuti penyuluhan, banyak pertanyaan yang diajukan. Kata kunci : penyuluhan, pengusaha kecil, manajemen pemasaran, manajemen keuangan