Journal article
Pengaruh Sikap Mengeluh dan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Komplain di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Denpasar
I Nyoman Cendana Putra I Gst. Ayu Kt. Giantari
Volume : 3 Nomor : 9 Published : 2014, September
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Perilaku komplain merupakan tindakan konsumen yang dilakukan sebagai akibat ketidakpuasannya terhadap pembelian. Dalam proses perkuliahan tidak lepas dari adanya komplain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh sikap mengeluh dan jenis kelamin terhadap perilaku komplain. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang terdapat di Kota Denpasar. Jumlah sampel sebanyak 100 orang, diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa sikap mengeluh berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku komplain. Memiliki arti meningkatnya sikap mengeluh maka akan meningkatkan pula perilaku komplain. Jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap perilaku komplain, menunjukkan bahwa ada hubungan searah antara jenis kelamin dengan perilaku komplain. Kata kunci: Sikap mengeluh, jenis kelamin, perilaku komplain ABSTRACT Consumer complaint behavior is actions undertaken as a result of his discontent towards the purchase. In the process of the lecture of the existence of the complaint. The purpose of this research was to test and analyze the effect of attitudes towards gender complaining and complaining behavior. This research was conducted at the Faculty of Economics and business at Udayana University Denpasar city. The number of samples as many as 100 people, taken by using purposive sampling technique. Methods of data collection the questionnaire and analysis techniques used was multiple linear regression. Based on the results of the analysis it was found that the attitude of positive and significant effect are complaining against the conduct complaint. Have a sense of the growing attitude of complaining then it will also improve the behavior of the complaint. Significant effect of gender behavior complaint, indicating that there is a direct relationship between the sexes with behavior complaints Keywords: Attitude to complain, gender, behavior complaint