Journal article
Niat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa
Erri Nugraha Deri I Wayan Santika I Gst. Ayu Kt. Giantari
Volume : 5 Nomor : 2 Published : 2016, February
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat berwirausaha dari mahasiswa Program Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Beberapa faktor yang digunakan untuk menjelaskan niat berwirausaha diantaranya adalah norma subyektif, sikap berwirausaha, persepsi kontrol perilaku dan kebutuhan berprestasi. Penelitian ini dilakukan di Program Reguler FEB Unud Bukit Jimbaran. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 317 responden dengan menggunakan teknik probability sampling, khususnya Proportionate Stratified Random Sampling. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan keempat variabel bebas (norma subyektif, sikap berwirausaha, persespsi kontrol perilaku dan kebutuhan berprestasi) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Program Reguler FEB Unud. Kata Kunci: norma subyektif, sikap berwirausaha, persepsi kontrol perilaku, kebutuhan berprestasi, niat berwirausaha