Journal article

FORMULASI STRATEGI BISNIS DAN IMPLIKASINYA PADA STRATEGI PEMASARAN DI PURI KELAPA GARDEN COTTAGES SANUR

Luh Ayu Andayani I Gst. Ayu Kt. Giantari I Putu Gde Sukaatmadja

Volume : 7 Nomor : 2 Published : 2017, September

JUIMA - Jurnal Ilmu Manajemen

Abstrak

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan tentu akan mempengaruhi komponen pariwisata lainnya seperti restoran, agen perjalanan, termasuk bisnis perhotelan di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis dan implikasinya terhadap strategi pemasaran di Hotel Puri Kelapa Garden Cottages Sanur. Contohnya adalah tingkat manajer dan supervisor di Puri Kelapa Garden Cottages Sanur, diambil dengan menggunakan metode sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah Matrix Internal dan External (IE) untuk mengatasi masalah identifikasi berbagai faktor strategis dan perumusan strategi pemasaran. Studi tersebut menemukan bahwa variabel meliputi peluang tingkat inflasi, nilai tukar Rupiah terhadap USD, visa kunjungan turis, budaya masyarakat di lingkungan hotel, pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Variabel yang dianggap sebagai ancaman adalah, daya tawar wisatawan, persaingan ketat antar hotel, keamanan stabil, dan kebijakan pemerintah daerah. Selanjutnya, variabel termasuk kekuatan adalah, lokasi hotel yang strategis, harga paket khusus yang bertahan lebih dari satu minggu, kontrol keuangan, akses terhadap modal kerja, layanan karyawan yang ramah, kemudahan proses check-in, dan penanganan keluhan yang cepat. Variabel yang meliputi kelemahan adalah, kelengkapan fasilitas hotel dan kemampuan karyawan dalam bahasa asing. Studi ini menyarankan perusahaan untuk menerapkan strategi intensif melalui penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk untuk meningkatkan tingkat hunian. Kata kunci: lingkungan ekternal dan internal, matriks internal dan eksternal, strategi bisnis