Journal article
PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI KOTA DENPASAR
Ni Nyoman Suaryani Linda Novita I Gst. Ayu Kt. Giantari
Volume : 5 Nomor : 3 Published : 2016, March
E Jurnal Manajemen Unud
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari perceived usefulness dan sikap terhadap niat seseorang dalam menggunakan internet banking di Kota Denpasar. Lokasi penelitian di Kota Denpasar. Adapun jumlah sampel yang diambil yaitu 140 orang, dengan teknik purposive sampling dan metode yang digunakan ialah non-probability sampling. Ada dua cara yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara. Analisis jalur merupakan teknik analisis dalam penelitian ini dan uji sobel untuk peran mediasi. Penelitian ini memperoleh hasil yang menyatakan bahwa perceived usefulness memiliki pengaruh yang positif dan juga signifikan secara parsial terhadap niat dan terhadap sikap seseorang menggunakan internet banking di Kota Denpasar. Ada pun pengaruh positif dan signifikan pengaruh sikap terhadap niat seseorang menggunakan internet banking di Kota Denpasar. Ditemukan juga niat menggunakan internet banking di Kota Denpasar dapat dipengaruhi oleh perceived usefulness dan sikap secara parsial sebagai variabel mediasi. Katakunci: perceived usefulness, sikap, niat menggunakan.