Journal article
Analisis Elemen-elemen Brand Equity Pada Produk Minuman Teh DalamnKemasan di Kota Denpasar
Wiwis Satya Wijaya I Gst. Ayu Kt. Giantari
Volume : 7 Nomor : 3 Published : 2018, March
E jurnal Manajemen
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai brand equity atau ekuitas merek dari masing-masing produk. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan kuesioner. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner untuk mengukur 20 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Teh Botol Sosro memiliki keunggulan pada elemen brand awareness dengan pencapaian pada indikator top of mind sebesar 62%. Untuk elemen brand loyalty, konsumen yang berkomitmen untuk terus mengkonsumsi Teh Botol Sosro lebih sebanyak 16%. Sedangkan Teh Pucuk Harum memiliki keunggulan pada elemen brand association yaitu cita rasa yang tinggi, merek terkenal, volume isi banyak dan harga terjangkau dan untuk indikator perceived quality merek Teh Pucuk Harum memiliki kinerja dan harapan yang baik dengan rata-rata kinerja sebesar 4,37 dan harapan dengan rata-rata sebesar 4,77 yaitu pada indikator rasa yang enak dan kualitas yang baik. Kata Kunci: brand equity, brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty.