Journal article

PELATIHAN KERJA MEMODERASI PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA PADA EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL

Made Andiva Mahendra I Wayan Ramantha

Volume : 13 Nomor : 1 Published : 2018, January

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis

Abstrak

Tujuan penelitian untuk memberikan buktiempiris mengenai pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja pada efektivitas pengendalian internal dengan pelatihan kerja sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan di Kantor Inspeksi Denpasar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 responden, dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner dan teknik analisis data yang digunakan yaitu moderated regression analysis (MRA). Hasil peneltian memberikan bukti empiris bahwa tingkat pendidikan tidak berpengaruh pada efektivitas pengendalian internal, pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap efektivitas pengendalian internal, pelatihan kerja memperkuat pengaruh tingkat pendidikan pada efektivitas pengendalian internal, serta pelatihan kerja tidak memoderasi pengaruh pengalaman kerja pada efektivitas pengendalian internal. Kata Kunci: Pelatihan kerja, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, efektivitas pengendalian internal.