Journal article

PENGARUH PROGRAM E-COMMERCE DAN KEMAMPUAN USAHA TERHADAP KEMANDIRIAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KOTA DENPASAR

Mey Linda Anggraeni Sutrisno Made Kembar Sri Budhi

Volume : 8 Nomor : 9 Published : 2019, September

E-JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak

ABSTRAK Industri Kecil dan Menengah (IKM) adalah industri terbukti mampu berkontribusi dalam membantu pergerakkan laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan penyediaan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya mengembangkan sektor ini melalui berbagai program pemberdayaan. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Denpasar memiliki program pemberdayaan yang ditujukan untuk pelaku IKM di Kota Denpasar yang dikenal dengan nama Program E-commerce. Program E-commerce merupakan upaya Pemerintah Kota Denpasar untuk mewujudkan IKM yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi dan transaksi pemasaran. Dimana pemerintah menyediakan website untuk berjualan bagi para anggota yang sudah bergabung dalam program ini.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis pengaruh Program E-commerce dan kemampuan usaha secara simultan terhadap kemandirian usaha dari pelaku IKM yang ada di Kota Denpasar dan 2) Untuk menganalisis pengaruh Program E-commerce dan kemampuan usaha secara parsial terhadap kemandirian usaha dari pelaku IKM yang ada di Kota Denpasar. Dengan teknik analisis menggunakan analisis Regresi denganPartial Least Square (PLS) didapat hasil Program E-commerce (X1)dan kemampuan usaha (X2) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kemandirian usaha dan Program E-commerce (X1)berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemandirian usaha sedangkan kemampuan usaha (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemandirian usaha. Kata kunci: kemandirian, program e-commerce, kemampuan usaha, teknologi, e-commerce ABSTRACT The small and medium-sized enterprise sectors or Industri Kecil dan Menengah (IKM) have proved that they can contribute in developing economic growth movement. Therefore, the government continuously strives for the development of these sectors through various empowering programs. The government of Denpasar city conducts empowering programs, known as E-commerce program, intended for the businessman of IKM. E-commerce is the form of government’s effort to realize IKM with the basis of technology utilization as the tool of promotion and market transaction. The government provides website for the members who join this program to sell their goods. The aims of this research are: (1) to analyze the influence of E-commerce program and Business Ability simultaneously toward the Business Idependence from the IKM’s businessman in Denpasar, (2) to analyze the influence of E-commerce program and Business Ability partially toward the Business independence. With the technique of analysis applied in this research, Regression with Modelling Partial Least Square (PLS), the result found are E-commerce program (X1) and Business Ability (X2) had simultaneously and significantinfluence to Business Independence and E-Commerce Program has positive and significant influence toward Business Independence, while Business Ability has positive influence and is not significant influence toward Business Independence. Keywords: independence, e-commerce programs, business capabilities, technology, e-commerce