Journal article

PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA DENGAN LOYALITAS PELANGGAN

Made Indira Sari Parthady1 I Ketut Rahyuda

Volume : 8 Nomor : 5 Published : 2019, May

E-jurnal Manajemen Unud

Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas produk dan persepsi harga dengan loyalitas pelanggan melalui keepuasan pelanggan pada konsumen produk Miniso. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 pada konsumen produk Miniso yang memiliki kriteria pernah melakukan pembelian produk Miniso, berdomisili di Kota Denpasar, dan berpendidikan terakhir SMA. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalahpath analysis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen produk Miniso, variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen produk Miniso, variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada konsumen produk Miniso, variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada konsumen produk Miniso, variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada konsumen produk Minisodi Kota Denpasar. Kata Kunci: kualitas produk, persepsi harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan ABSTRACT The purpose of this study is to examine the effect of product quality and price perceptions on customer loyalty through keeping customer satisfaction with Miniso product consumers. The number of samples taken was 105 in Miniso product consumers who had the criteria to have purchased Miniso products, domiciled in Denpasar City, and were last educated in high school. Data was collected through questionnaires. The analysis technique used is the sobel test using path analysis. Based on the results of the analysis it was found that product quality variables had a positive and significant effect on customer satisfaction on Miniso product consumers, the price perception variable had a positive and significant effect on customer satisfaction on Miniso product consumers, product quality variables had a positive and significant effect on customer loyalty to Miniso product consumers. Price perception variables have a positive and significant effect on customer loyalty to Miniso product consumers, and customer satisfaction variables have a positive and significant effect on customer loyalty to Miniso product consumers in Denpasar City. Keywords: product quality, price perception, customer satisfaction, customer loyalty