Journal article

PERAN BRAND EQUITY MEMEDIASI HUBUNGAN IKLAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

I Gusti Ngurah Bagus Adi Mas Putra, I Ketut Rahyuda

Volume : 5 Nomor : 12 Published : 2016, December

E-Jurnal ManajemenUnud

Abstrak

Iklan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam bidang pemasaran. Iklan akan berpengaruh terhadap perilaku konsumen khususnya dalam kaitannya dengan keputusan pembelian konsumen. Penting bagi perusahaan untuk memperhatikan iklan yang dibuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklan dengan keputusan pembelian dengan brand equitysebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada produk air mineral merek AQUA. Jumlah responden yang diambil yaitu berjumlah 150 responden dengan metode non-probability sampling, khususnya purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel iklan dan brand equity masing-masing mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan keputusan pembelian, dan juga variabel brand equity mampu memediasi hubungan iklan dengan keputusan pembelian. Hal ini mengindikasikan bahwa baik buruknya suatu iklan yang dilakukan akan berpengaruh terhadap baik buruknya brand equity suatu produk yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap keputusan dari konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.