Journal article

MODEL PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BANGLI

Pande N. Sari Saraswati I Gusti Bagus Sila Dharma I GUSTI KETUT SUDIPTA

Volume : 1 Nomor : 2 Published : 2013, July

Jurnal Spektran

Abstrak

Pengangkutan sampah di Kota Bangli saat ini menggunakan pola individual langsung (door to door). Kendaraan yang dipakai masih ada jenis dump truck tanpa penutup yang menyebabkan polusi terhadap tempat-tempat yang dilalui. Kondisi kendaraan pengangkut sampah sebagian besar mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pengangkutan yang berkaitan dengan rute pengangkutan, jenis armada, jumlah armada dan pengaturan waktu pengangkutan sampah, sehingga diketahui jumlah kebutuhan kendaraan dan TPS (Tempat Pembuangan Sementara) serta menentukan tarif retribusi sampah. Metode penelitian meliputi pengambilan sampel sampah permukiman dan non permukiman berdasarkan acuan SNI-19-3964-1994. Model ini menggunakan lima buah compactor truck untuk mengangkut sampah dari 283 buah bin container kapasitas 0,36 m3, dan satu buah armroll truck untuk mengangkut sampah pasar dari empat buah loudhaul kapasitas 6 m3 setiap hari. Besarnya retribusi dianalisis berdasarkan perhitungan kelayakan investasi selama 10 (sepuluh) tahun pada suku bunga MARR 18%, dengan asumsi ada subsidi pemerintah , hasil perhitungan didapat NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 35.673.540,99, nilai BCR (Benefit of Cost Ratio) sebesar 1,021 dan IRR (Internal Rate of Return) sebesar 19,11%, dengan tarif retribusi per bulan yaitu Rp. 2.000,00/KK, Rp. 20.000,00/unit sekolah, Rp. 25.000,00/unit kantor, Rp. 8.000,00/unit toko, Rp. 20.000,00/unit rumah makan, Rp. 2.000,00/kamar hotel/penginapan, dan Rp. 6.000,00/pedagang pasar.