Journal article

PERBAIKAN PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PASCA PANEN HORTIKULTURA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF

BAMBANG ADMADI HARSOJUWONO

Volume : 18 Nomor : 2 Published : 2011, October

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah Teknologi Pascapanen Hortikultura serta membandingkan metode pembelajaran kognitif strategi kognitif dengan metode sebelumnya. Metode yang diterapkan meliputi mensosialisasikan metode pembelajaran kognitif strategi kognitif kepada mahasiswa, pembuatan panduan, bahan ceramah, melakukan kerjasama dengan pelaku penanganan Pascapanen produk hortikultura serta membuat kontrak perkuliahan antara dosen dan mahasiswa. Selanjutnya melakukan penelitian berkelompok berdasarkan masalah riil di lapangan. Hasil implemtasi model pembelajaran baru adalah meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa. Kriteria motivasi pembelajarannya antara baik hingga sangat baik pada semua aspek yang berpengaruh dalam motivasi pembelajaran mahasiswa. Sementara itu, peningkatan kompetensi diketahui ada lima dari enam mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah 80 atau hanya satu mahasiswa yang mendapat nilai kurang dari 80 tetapi hal ini masih di atas 70. Hasil implementasi menunjukkan bahwa pembelajaran kognitif strategi kognitif adalah lebih baik dibanding model pembelajaran monolog dari dosen. Nilai rata-rata mahasiswa dengan menggunakan strategi kognitif adalah 80.65 sementara itu dengan model monolog nilai rata-ratanya adalah 68.30. The research porposes were to increase the students motivation and competency in The Horticulture Postharvest Techology subyek and to compare cognitive learning method of cognitive strategic with the last learning method. The application methods were to socialize of cognitive learning method of cognitive strategic to students, to make the guide line and lecture materi, to joint with the stakeholders of horticulture postharvest handling and to make the studying contract between the teachers and students. Afer that to done a group research based on the real problem in fields. Implementation result of the new learning model is to increase the studying motivation and competency of students. The criteria of studying motivation are between good until very good on the all aspects that affect the study motivation of students. Where as, increasing of competency is known by five of six students that take point are above 80 or just one student that takes point is below 80 but it is still above 70. The result of implementation shown that the cognitive learning of cognitive strategic was better than monolog lecture model. The average point of students by cognitive strategic was 80,65 where as by monolog lecture model was 68,30. KEYWORDS Cognitive strategic, postharvest technology of horticulture, motivation and competency