Journal article

MODEL PEMBINAAN IN-HOUSE TRAINING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENELITIAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH

Komang Dharmawan Yan Ramona Ni Nyoman Rupiasih

Volume : 15 Nomor : 2 Published : 2016, May

Jurnal Udayana Mengabdi

Abstrak

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru dan mutu pendidikan, seperti pemberian tunjangan sertifikasi, pelatihan atau kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Magister. Namun usaha tersebut belum menyentuh pada aspek kemampun meneliti seperti diamanatkan dalam Peraturan Menteri PAN No. 16 tahun 2009 pasal 11 tentang kewajiban guru dalam publikasi ilmiah. Untuk membantu guru dalam melaksanakan amanat tersebut, maka perlu dikembangkan suatu model pembinaan sehingga guru dapat meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian Guru dalam penelitian. Dalam makalah ini, dikembangkan suatu model pembinaan terhadap guru sebagai upaya dalam meningkatkan keprofesian guru dalam penelitian. Metode yang dipakai dalam pengembangan model pembinaan ini adalah metode in-house training, yaitu pembinaan dilaksanakan dengan seting sekolah masing-masing, tempat di mana guru-guru melaksanakan program pembelajaran. Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didanai oleh DIKTI dalam skema Ipteks bagi Masyarakat (IbM) yang diringkas berupa model pembinaan melalui in-house training yang terdiri dari 3 tahap pendekatan, yaitu pendekatan saintifik, pedekatan kompetensi, dan publikasi. Hasil dari pembinaan ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan, sekitar 30% pada kemampuan guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).