Journal article

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Paket B dan C Di PKBM Mentari Fajar Melalui Pelatihan Sains Dasar

I Wayan Sumarjaya MARTIN JONI Ni Nyoman Rupiasih JAMES SIBARANI

Volume : 18 Nomor : 1 Published : 2019, January

Buletin Udayana Mengabdi

Abstrak

Pendidikan Kesetaraan Belajar Masyarakat atau PKBM merupakan komunitas belajar masyarakat yang melaksanakan pendidikan nonformal untuk siswa yang putus sekolah. Komunitas belajar masyarakat ini dilaksanakan dan dibiayai secara pribadi oleh masyarakat atau yayasan. PKBM Mentari Fajar berlokasi di Kecamatan Kuta Selatan dan saat ini memiliki seratus satu siswa Paket B dan C. Wawancara yang dilakukan terhadap pihak PKBM dan dua puluh siswa Paket B dan C pada akhir bulan Januari 2018 diperoleh kesimpulan perlunya pemahaman cara berpikir ilmiah baik di sekolah maupun di tempat kerja. Kegiatan yang sesuai dengan umpan balik tersebut adalah pelatihan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan cara berpikir ilmiah siswa paket B dan C melalui pelatihan cara menerapkan sains dasar dalam kehidupan seharihari. Sebelum pelatihan dilaksanakan, kuesioner disebarkan kepada dua puluh siswa dan umpan balik diterima. Pelatihan yang dilaksanakan memperlihatkan antusias siswa dalam memahami dan menerapkan sains dasar dalam kehidupan sehari-hari. Setelah pelatihan dilaksanakan, kuesioner disebarkan untuk memantau dan mendapatkan umpan-balik siswa terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Umpan balik tersebut menyimpulkan bahwa siswa senang dengan pelatihan dan merasa bahwa kemampuan untuk berpikir ilmiah meningkat secara signifikan.