Journal article
STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN DAGING BABI PRODUKSI MASYARAKAT DI DESA SEMAON KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR
Ni Luh Gde Sumardani KOMANG BUDAARSA TJOKORDA ISTRI PUTRI Anthonius Wayan Puger
Volume : 18 Nomor : 4 Published : 2019, October
Buletin Udayana Mengabdi
Abstrak
Pengembangan agribisnis tidak akan efektif dan efisien apabila hanya mengembangkan salah satu subsistem saja. Usaha peternakan akan lebih menguntungkan apabila peternak mampu mengolah langsung babi yang dipeliharanya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi, misalnya: babi guling (suckling pig), nugget babi, urutan (sosis) babi, iga dan steak babi, serta produk olahan babi lainnya. Disamping itu juga diperlukan strategi yang tepat dalam memasarkan produk olahan daging babi yang telah diproduksi oleh masyarakat di Desa Semaon, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Pada tahun sebelumnya (2018) telah dilaksanakan penganekaragaman produk olahan daging babi, dan tahun ini (2019) dilaksanakan strategi pemasaran produk tersebut. Dengan demikian diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui peningkatan pendapatan dari beternak babi dan mengolah daging babi, serta dapat menambah khasanah produk oleh-oleh khas Pulau Bali. Kata kunci: penganekaragaman produk olahan, daging babi, strategi pemasaran, Desa Semaon Payangan, oleh-oleh khas Bali