Journal article
Hubungan antara Responsiveness Pemberi Layanan dengan Kepuasan Pasien di Tiga Klinik Radiografi Konvensional Kota Denpasar
Cokorda Istri Ariwidyastuti PANDE PUTU JANURAGA DYAH PRADNYAPARAMITA DUARSA
Volume : 4 Nomor : 1 Published : 2016, July
Public health and Preventive Medicine Archive
Abstrak
Latar belakang dan tujuan: Kepuasan pasien merupakan komponen yang penting dalam layanan kesehatan termasuk layanan radiografi. Survei tentang kepuasan pasien telah dilakukan secara rutin terutama di rumah sakit pemerintah, akan tetapi belum pernah dilakukan penelitian yang lebih rinci untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pasien dengan responsiveness (cepat tanggap) penyedia layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan enam domain responsiveness penyedia layanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di tiga penyedia layanan radiografi konvensional di Kota Denpasar. Metode: Penelitian survei dilakukan secara cross sectional pada 158 responden pasien rawat jalan yang dipilih secara consecutive di tiga layanan radiografi konvensional yaitu RS pemerintah, RS swasta dan klinik radiologi swasta. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan modifikasi kuesioner responsiveness dari WHO. Data dianalisis secara univariat, bivariat (uji chi-square) dan multivariat dengan metode regresi logistik. Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di tiga layanan radiografi dijumpai sebesar 69% dan masih di bawah standar pelayanan minimal (>80,0%). Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan secara positif dengan kepuasan pasien adalah domain perhatian (AOR=3,77; 95%CI: 1,62–8,76), kualitas sarana prasarana (AOR=4,57; 95%CI: 1,61–12,93) dan komunikasi (AOR=6,30; 95%CI: 1,75–22,64). Simpulan: Kepuasan pasien secara umum di layanan radiografi konvensional masih di bawah standar. Domain responsiveness yang berhubungan dengan kepuasan pasien adalah kualitas sarana prasarana, perhatian dan komunikasi oleh penyedia layanan.