Journal article

Implementing ICT-Base Phonology Learning Material Using Blendspace Through Classroom Action Research

Ni Luh Putu Sri Adnyani Rima Adriani Sari Putu Eka Dambayana Suputra I WAYAN PASTIKA I NYOMAN SUPARWA

Volume : 30 Nomor : 2 Published : 2018, December

AKSARA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan bahan ajar berbasis TIK dengan menggunakan Blendspace dalam kelas Phonology. Bahahan ajar berbasis TIK ini telah dikembangkan pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah proses validasi bahahan ajar yang telah dikembangkan oleh dua pakar. Tahap kedua adalah uji coba bahan ajar yang dilakukan melalui penelitian tindakan kelas. Bahan ajar yang telah dikembangkan ini divalidasi oleh para ahli dengan menggunakan cek list sebagai instrumen yang telah dianalisis dengan mengunakan formula Gregory. Penilaian para ahli menunjukkan bahwa validasi isi bahan ajar adalah 90,9% sangat valid. Selanjutnya, bahan ajar diimplementasikan dalam kelas Phonology dengan subjek penelitian mahasiswa semester kedua DIII Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Setelah proses belajar-mengajar dengan bahan ajar tersebut, lebih dari 70% mahasiswa memperoleh skor 76 -- 100. Mahasiswa yang memperoleh nilai di bawah 75 adalah seebanyak 30%. Dengan dermikian, bahan ajar dianggap efektif digunakan dalam pelajaran Phonologi.