The spread of Covid-19 Pandemic influences the field of Education in the Electrical Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Udayana University, Denpasar

Funding period : - Active

Abstrak

Indonesia di Tahun 2020 di landa wabah Pandemi COVID-19 yang hampir melumpuhkan beberapa sektor yang ada di indonesia salah satunya sektor Pendidikan. Sejak merebaknya Virus ini , pemerintah pusat dan beberapa daerah telah mengeluarkan surat edaran untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau distance education.

Program Studi Teknik Elektro Fakulatas Teknik Universitas Udayana melalui surat Intruksi Rekor  Nomor 1 Tahun 2020 tertanggal 16 maret 2020 telah mengeluarkan intruksi untuk memberlakukan belajar jarak jauh (online) yang tujuannya untuk menekan penyebaran COVID-19 dikalangan masyarakat terutama pada mahasiswa.  

Pengaruh Pandemi COVID-19 terhadap sitem belajar jarak jauh (online) disamping menekan penyebaran Virus COVID-19 juga berdampak pada ekonomi dan letak geografis. di bidang ekonomis dimana mahasiswa akan mengeluarkan biaya tambahan untuk pembelian pulsa dan pemakaian listrik. Letak geografis sangat menentukan dalam sitem pembelajaran online jika letak geografisnya kurang bagus maka pemberian materi oleh Dosen ke mahasiswa tidak sampai sehingga mahasiswa ketinggalan materi yang di berikan oleh Dosen tersebut.