Family’s Green Brand Purchasing Behavior in Bali
Funding period : 2019- Active
Abstrak
Peningkatan upaya untuk melindungi lingkungan dapat dicapai dengan memproduksi produk ramah lingkungan dan meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan kesan terhadap merek produk ramah lingkungan (green brand). Ketersediaan produk ramah lingkungan dan pola konsumsi masyarakat hijau diharapkan dapat mempengaruhi perilaku pembelian mereka. Perilaku pembelian produk ramah lingkungan sudah mulai muncul di masyarakat yang sebagian besar dipicu oleh perilaku keluarga mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kepribadian merek hijau dan sikap konsumen terhadap perilaku pembelian hijau dan bagaimana peran sikap sebagai mediator mempengaruhi hubungan kepribadian merek hijau dengan perilaku pembelian hijau. Studi ini dilakukan pada konsumen yang menggunakan merek ramah lingkungan di semua kabupaten di Bali. Teknik analisis yang digunakan adalah (pemodelan persamaan struktural) berdasarkan AMOS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa semua variabel terkait positif dan signifikan. Namun, sikap tidak bertindak sebagai mediator untuk pengaruh kepribadian merek hijau pada perilaku pembelian hijau. Temuan ini diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh produsen dan pemasar untuk menghadapi persaingan lebih lanjut dan dapat digunakan sebagai strategi alternatif untuk mengembangkan bisnis ramah lingkungan. Sementara itu, diharapkan menjadi input bagi pemerintah dalam membuat kebijakan yang mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Bali.
Kata kunci: Sikap, kepribadian merek hijau dan perilaku pembelian hijau, persaingan, sikap, tujuan, pembelian