Journal article
Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Akses Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Access By KAI Pada Gen Z di Surabaya
Shilvia Dwi Azzahra NI GUSTI AYU SUSRAMI DEWI I Wayan Darsana
Volume : 12 Nomor : 2 Published : 2024, December
Jurnal IPTA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Kepercayaan dan Kemudahan Akses berpengaruh terhadap keputusan Pembelian melalui situs Access By KAI pada gen Z di Surabaya. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian penelitian campuran.Populasi dalam penelitian ini adalah Gen Z pengguna situs Access By KAI di Surabaya dengan sampel 100 pengguna. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kepercayaan dan Kemudahan Akses, sedangkan variabel dependennya adalah Keputusan Pembelian. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji ketepatan model, uji statistic deskriptif, uji analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh terhadap peningkatan pembelian yang berarti bahwa jika kepercayaan meningkat maka variabel keputusan pembelian juga akan meningkat. Begitu juga dengan variabel kemudahan akses memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dikarenakan bahwasanya penggunaan yang mudah dipahami dan jelas dapat membantu pengguna dalam meningkatkan pembelian di aplikasi. Untuk variabel kepercayaan dan kemudahan akses bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian, karena keduanya memiliki pengaruh secara simultan, yang dibuktikan dengan uji F bernilai 55.589. Keyword: trust, ease of access, purchasing decisions.