Journal article

PERBEDAAN EFEKTIVITAS PROPRIOCEPTIVE EXERCISE DAN ZIG-ZAG RUN EXERCISE TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PADA ANAK USIA 9-11 TAHUN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SANUR

Made Dwi Indah Permatahati Gita Ni Luh Nopi Andayani I WAYAN SUGIRITAMA IDA AYU DEWI WIRYANTHINI

Volume : 3 Nomor : 1 Published : 2016, September

Majalah Ilmiah Fisioterafi Indonesia

Abstrak

ABSTRAK Kelincahan merupakan kemampuan seseorang mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat, efektif, dan tepat dalam waktu singkat tanpa kehilangan keseimbangan. Penelitian dengan rancangan Pre and Post Test Two Group Design bertujuan untuk membandingkan Proprioceptive Exercise dan Zig-zag Run Exercise dalam meningkatkan kelincahan anak usia 9-11 tahun di Sekolah Dasar Negeri 4 Sanur. Sampel berjumlah 16 anak yang dibagi menjadi 2 kelompok. Rerata selisih peningkatan kelincahan pada kelompok Proprioceptive Exercise 3,46 detik dan Zig-zag Run Exercise 4,98 detik dengan Independent sample T-test memperoleh hasil p=0,003 (p<0,05). Disimpulkan bahwa pemberian intervensi Zig-zag Run Exercise lebih baik dalam meningkatkan kelincahan daripada pemberian Proprioceptive Exercise pada anak usia 9-11 tahun di Sekolah Dasar Negeri 4 Sanur. Kata kunci: Kelincahan, Proprioceptive Exercise, Zig-zag Run Exercise, Shuttle Run Test.