Journal article

PERAN BELANTIK DALAM PEMASARAN SAPI BALI DI PROVINSI BALI - SUATU KAJIAN PUSTAKA

Ni Made Ari Kusuma Dewi Suci Paramitasari Syahlani Fransiskus Trisakti Haryadi

Volume : 27 Nomor : 1 Published : 2024, February

Majalah Ilmiah Peternakan

Abstrak

Strategi pemasaran komoditas sapi mendapatkan perhatian yang serius agar dapat memberikan harga jual terbaik. Harga jual ternak berperan dalam meningkatkan pendapatan peternak. Tahun 1990, (mayoritas??) peternak melakukan saluran pemasaran langsung. Sebaliknya, selama dua dekade terakhir menunjukkan bahwa penjualan melalui belantik lebih tinggi dibandingkan dengan pemasaran langsung. Studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi peran belantik sebagai perantara dalam saluran pemasaran sapi bali di Provinsi Bali. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Hasil studi menunjukkan bahwa pemasaran sapi bali di Provinsi Bali saat ini didominasi oleh pemasaran tidak langsung melalui belantik baik untuk penjualan ternak ke pedagang antar pulau dan jagal. Hasil ini menunjukkan tingginya ketergantungan peternak kepada belantik disebabkan daya tawar peternak yang lemah. Beberapa faktor penyebab daya tawar yang rendah adalah skala kepemilikan ternak kecil, biaya transportasi tinggi, modal tidak tersedia, peternakan sebagai usaha sampingan, kurangnya jiwa kewirausahaan, tidak ada standar hargaa ternak, dan peternak kurang memiliki keterampilan dalam menaksirkan berat badan ternak. Beberapa faktor tersebut menjadikan peran belantik yang vital dalam pemasaran sapi bali di Provinsi Bali. Kata kunci: belantik, peternak rakyat, sapi bali