Journal article

Pengalaman orang tua mendampingi proses belajar anak berkebutuhan khusus selama belajar dari rumah pada masa COVID-19 (Studi fenomenologis)

Ni Luh Indah Desira Swandi Aria Saloka Immanuel Adijanti Marheni

Volume : 9 Nomor : 1 Published : 2022, April

jurnal psikologi udayana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana orang tua memaknai pengalaman dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus belajar dari rumah. Metode penelitian ini adalah kualitatif fenomenologis dengan pengambilan data berupa wawancara semi terstruktur. Wawancara dilakukan secara online terhadap tiga orang tua anak berkebutuhan khusus yang diperoleh dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian ditranskripsikan dan dianalisis dengan Intrepretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa tema superordinat yang dikategorikan menjadi topik induk yaitu: (1) pemahaman orang tua terhadap karakteristik anak, (2) kesulitan yang dihadapi selama mendampingi anak belajar, (3) pengalaman emosi selama mendampingi anak, (4) relasi dan dukungan sosial yang diperoleh dan diharapkan orang tua, (5) kekhawatiran dan pandangan masa depan. Kesimpulan penelitian yaitu seluruh orang tua memiliki pandangan tersendiri tentang karakteristik anak dibandingkan anak lain seusianya. Pengalaman emosi selama mendampingi anak belajar dari rumah dipicu oleh adanya kesulitan terkait metode pengajaran anak, pengaturan waktu, motivasi anak, serta karakteristik pribadi orang tua. Orang tua memiliki kekhawatiran akan masa depan anak. Dengan adanya temuan ini dapat memberikan kontribusi pada bidang psikologi pendidikan dan klinis sebagai dasar pemberian intervensi yang tepat bagi orang tua di dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus belajar dari rumah. Kata kunci: Anak berkebutuhan khusus, belajar dari rumah, COVID-19, interpretative phenomenological analysis, pengalaman orang tua