Journal article
Reformasi Pendidikan Dan Demokrasi, Studi Kasus Gerakan Bad Student Dalam Thai Protest 2020
Tessalonika Amanda I KETUT PUTRA ERAWAN Gede Indra Pramana
Volume : 4 Nomor : 7 Published : 2024, July
Triwikrama Jurnal Ilmu Sosial
Abstrak
Penelitian ini mengkaji Gerakan Bad Student dalam aksi Thai Protest 2020 sebagai gerakan sosial yang signifikan di Thailand. Menggunakan teori gerakan sosial oleh Charles Tilly, penelitian ini menganalisis bagaimana kelompok pelajar ini memobilisasi diri untuk melawan dominasi pemerintah dan monarki dengan tuntutan reformasi pendidikan dan demokrasi. Data dikumpulkan melalui studi literatur, termasuk jurnal, artikel, buku, media, dan informasi media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Bad Student berhasil membangun identitas kolektif yang kuat dan menggunakan beragam strategi aksi protes yang kreatif dan terorganisir. Para siswa mampu menarik perhatian publik dan mendapat dukungan luas, meskipun menghadapi tindakan represif dari pemerintah. Kesimpulan penelitian ini menyoroti pentingnya solidaritas jaringan, klaim bersama, dan pemanfaatan kesempatan politik dalam keberhasilan gerakan sosial. Gerakan Bad Student tidak hanya menyoroti ketidakadilan dalam sistem pendidikan, tetapi juga menegaskan perlunya kebebasan berekspresi dan demokrasi dalam menjunjung tinggi hak asasi manusia untuk membangun masyarakat yang lebih adil di Thailand.