Journal article
APLIKASI MARKETPLACE DENGAN FITUR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Made Dwika Junata Darma I Nyoman Piarsa Dewa Made Sri Arsa Ni Putu Sutrami
Volume : 1 Nomor : 2 Published : 2020, December
JITTER Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer
Abstrak
Abstract Perilaku konsumsi masyarakat Indonesia meningkat seiring perkembangan teknologi. Alvara tahun 2019 menunjukkan tingkat pencarian iklan di Indonesia pada tahun 2020 diproyeksikan meningkat menjadi US $ 130 milyar dibandingkan tahun 2016 (US $ 8 milyar). Kondisi tersebut berkaitan dengan peningkatan transaksi melalui marketplace. Meskipun demikian, pasar yang ada masih memiliki kelemahan, yaitu tidak adanya fasilitas pencarian lokasi toko online yang dituju. Hal tersebut menyebabkan pembeli kesulitan menemukan letak lokasi dari toko yang ingin ditemui. Masalah tersebut, maka dibuatlah aplikasi marketplace yang dilengkapi dengan fitur tambahan sistem informasi geografis yang memanfaatkan teknologi dari Google Maps API untuk memberikan informasi mengenai keberadaan suatu tempat usaha yang dapat diakses melalui smartphone dengan platform Android. Hasil uji coba implementasi terhadap 30 responden melalui kuesioner menunjukkan bahwa 72,6% responden sangat setuju aplikasi dapat diterapkan dengan baik, tampilan sudah sesuai (84,4%), dan dapat mempermudah menemukan lokasi dari toko atau iklan yang diinginkan (57,2%) ). Sistem diharapkan dapat diimplementasikan pada sistem selain Android. dan dapat mempermudah menemukan lokasi dari toko atau iklan yang diinginkan (57,2%). Sistem diharapkan dapat diimplementasikan pada sistem selain Android. dan dapat mempermudah menemukan lokasi dari toko atau iklan yang diinginkan (57,2%). Sistem diharapkan dapat diimplementasikan pada sistem selain Android.