Journal article

Analisis System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Perancangan Aplikasi E-Marketing Artshop Berbasis Web

Anak Agung Ngurah Hary Susila Dewa Made Sri Arsa

Volume : 21 Nomor : 2 Published : 2022, May

TECHNO.COM

Abstrak

Desa Tegalalang terkenal sebagai salah satu sentra produksi kerajinan tangan di Kabupaten Gianyar. Para perajin di Desa ini memproduksi produk seperti patung berbahan kayu, kerajinan berbahan kaleng bekas, kerajinan berbahan kayu sampah laut dan kerajinan berbahan kaca tuang cair. Perajin dan pemilik Artshop telah berinovasi untuk menghasilkan produk kerajinan tangan yang dapat bersaing dan mengikuti keinginan pasar/konsumen, namun saat ini terjadi penurunan omzet terutama produk yang akan diekspor ke luar negeri. Permasalahan ini timbul dikarenakan para perajin dan pemilik Artshop masih kesulitan untuk memasarkan produk kerajinan tangannya. Untuk mengatasi permasalahn tersebut maka perlu dibuatkan sebuah aplikasi E-Marketing sebagai wadah untuk memasarkan produk kerajinan yang telah dibuat oleh perajin dan pemilik Artshop. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu User Centered Design (UCD) digunakan pada tahapan perancangan aplikasi dan System Usability Scale (SUS) digunakan untuk menganalisis fungsi dan kegunaan dari website e-marketing ini. Hasil penelitian ini adalah aplikasi berbasis website E-Marketing yang digunakan perajin untuk memasarkan produk dan transaksi produk. Aplikasi dilengkapi fitur Live Chat dan Dual Bahasa untuk menjangkau konsumen dan pasar dalam negeri maupun luar negeri. Hasil System Usability Scale(SUS) dengan jumlah responden 10 pengguna mengahasilkan rata-rata skor 73,5.