Journal article

Transparansi Informasi Memoderasi Pengaruh Agresivitas Pajak Pada Nilai Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia

Ayu Aryista Dewi Luh Gede Krisna Dewi

Volume : 10 Nomor : 2 Published : 2017, October

Akuntabilitas, Jurnal Ilmu Akuntansi, FEB UIN

Abstrak

Abstract The behavior of tax aggressiveness by taxpayers, especially corporate taxpayers will have an impact on the value of the company. The company's transparency to information relating to the company as well as the fulfillment of corporate liabilities to society, the environment, and government can also affect the value of the company. This research tries to dig deeply about the influence of tax aggressiveness undertaken by the company on the value of the company with the transparency of information as a moderating variable. This study also uses profitability control, leverage, firm size and audit quality. Tax aggressiveness is proxied by comparing Net Profit Margin to Net Profit Margin Industry. Company value is proxied with Tobins'Q ratio. The data selected by purposive sampling method. The sampel in this study were using 36 companies that listing in Indonesian Stock Exchange periode 2013-2015. The result of this research is tax aggressiveness have positive effect on firm value while transparency of information can strengthen the influence of tax aggressiveness on company value. Key Words: information transparency, tax aggressiveness, corporate value Abstrak Perilaku agresivitas pajak oleh wajib pajak terutama wajib pajak badan akan berdampak terhadap nilai perusahaan. Transparansi perusahaan terhadap informasi yang berkaitan dengan perusahaan serta mengenai pemenuhan kewajiban perusahaan kepada masyarakat, lingkungan, dan pemerintah juga dapat memengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini berusaha menggali secara mendalam mengenai pengaruh agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan pada nilai perusahaan dengan transparansi informasi sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan serta kualitas audit perusahaan. Agresivitas pajak diproksikan dengan membandingkan Net Profit Margin perusahaan dengan Net Profit Margin Industry. Nilai perusahaan diproksikan dengan rasio Tobins’Q. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada 2013-2015 sejumlah 36 sampel, yang telah dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yakni agresivitas pajak berpengaruh positif pada nilai perusahaan, sedangkan transparansi informasi mampu memperkuat pengaruh agresivitas pajak pada nilai perusahaan. Kata kunci: transparansi informasi, agresivitas pajak, nilai perusahaan