Journal article
Peran Preferensi Merk Dalam Memediasi Hubungan Antara Ekuitas Merek Dengan Niat Beli Konsumen (Studi Kasus Garuda Indonesia)
I Made Putra Adnyana Ni Nyoman Rsi Respati
Volume : 8 Nomor : 1 Published : 2019, January
E- Journal Manajemen Unud
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap preferensi merek, pengaruh ekuitas merek terhadap niat beli, pengaruh preferensi merek terhadap niat beli, dan peran preferensi merek dalam memediasi hubungan antara ekuitas merek dengan niat beli. Penelitian ini dilakuan di wilayah kota Denpasar dengan menggunakan 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simple random sampling dengan teknik analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merk, Ekuitas merk berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merk, Preferensi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Preferensi merek sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap niat beli melalui ekuitas merek. Garuda Indonesia perlu memperhatikan loyalitas merek dikarenakan loyalitas merek merupakan satu-satunya unsur ekuitas merek yang terkait dengan perolehan laba di masa depan. Garuda Indonesia harus lebih meningkatkan preferensi merek perusahaan di benak calon konsumen guna terciptanya daya beli. Kata kunci: ekuitas merek, preferensi merek, niat beli