Journal article

Peran Persepsi dalam Memediasi Pengaruh Marketing Mix pada Niat Beli Wisatawan di Bali Zoo

Ni Nyoman Rsi Respati NI MADE ASTI AKSARI

Volume : 29 Nomor : 2 Published : 2019, November

EJurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran persepsi dalam memediasi pengaruh marketing mix terhadap niat beli. Penting bagi para pelaku bisnis yang bergerak dalam industri pariwisata untuk mempelajari kebutuhan wisatawan sehingga tepat dalam menawarkan produknya .Penelitian ini dilakukan di Kebun Binatang yang berlokasi di Kabupaten Gianyar,Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Bali Zoo. Dari proses sampling diperoleh 200 responden yang mengisi kuesioner dengan lengkap. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) untuk mencari pengaruh langsung dan tidak langsung variabel independent pada variabel dependen. Untuk memperoleh data dan mengukur indikator penelitian menggunakan instrumen kuesioner dan diukur dengan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi memainkan peran penting dalam mempengaruhi niat beli. Demikian pula marketing mix dan persepsi memiliki pengaruh yang positif terhadap niat beli. Hal ini perlu diperhatikan oleh manajemen Bali Zoo.