Journal article

PENGARUH PERSEPSI NEGARA ASAL TERHADAP NIAT BELI ULANG DIMEDIASI OLEH EKUITAS MEREK

I Komang Satria Warla Putra Putu Yudi Setiawan Ni Nyoman Rsi Respati

Volume : 7 Nomor : 7 Published : 2018, July

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Seorang pelanggan dalam memeutuskan niat untuk membeli kembali ditentukan oleh berbagai faktor, seperti citra negara asal dan ekuitas suatu merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi negara asal terhadap niat beli ulang dimediasi oleh ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan smartphone merek Xiaomi di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 orang, dengan metode non-probability sampling, khususnya purposive sampling Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data yang telah dikumpulkan diukur dengan skala likert dengan skala 1-5. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Negara asal berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali, negara asal berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali dan ekuitas merek mampu memediasi pengaruh negara asal terhadap niat beli ulang smartphone merek Xiaomi di Kota Denpasar. Kata kunci: Negara asal, ekuitas merek, niat beli ulang, smartphone Xiaomi