Journal article
ANALISA CONSUMERS ONLINE TOURISM CONFUSION PADA KONSUMEN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PRODUK PARIWISATA
GEDE BAYU RAHANATHA Ni Nyoman Rsi Respati
Volume : 7 Nomor : 11 Published : 2018, November
E-Jounal ManajemenUnud
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini menganalisa model Consumers Online Tourism Confusion dikaji dari sisi konsumen laki-laki dan perempuan. Pencarian beda tingkat kebingungan di kalangan konsumen laki-laki dan perempuan akan bermanfaat bagi para pelaku usaha khususnya dalam hal strategi komunikasi pemasaran dan bagi dunia pendidikan, kajian ini akan memberikan wawasan terbaru mengenai proses penerimaan komunikasi secara online konsumen laki-laki dan perempuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini akan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dimana akan dilihat nilai perbedaan antara konsumen laki-laki dan perempuan dimana variabel-variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah: orientasi pembelanjaran, kesadaran akan harga dan kebutuhan akan kognisi, dengan variable terikat: kebingungan konsumen yang terjadi pada saat melakukan pencarian informasi di media internet. Populasi yang dalam penelitian ini adalah: Warga Negara Indonesia yang telah berusia minimal 18 tahun, menggunakan media online (internet) dalam mencari informasi produk pariwisata dan sedang merencakan perjalanan (liburan).Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh orientasi pembelajaran, kesadaran akan harga dan kebutuhan akan kognisi terhadap tingkat kebingungan konsumen dalam mencari informasi produk pariwisata. Konsumen yang menjadi subyek penelitian adalah Warga Negara Indonesia di wilayah Badung, Bali yang sedang merencakan liburan yang menggunakan akses internet sebagai sarana pencarian informasi produk pariwisata. Adapun hasil yang didapatkan adalah: orientasi pembelajaran berpengaruh negative dan signifikan terhadap kebingungan konsumen laki-laki. Kesadaran harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kebingungan konsumen laki-laki, tingkat kebutuhan kognisi tidak berpengaruh signifikan terhadap kebingungan konsumen laki-laki, orientasi pembelajaran berpengaruh negative dan signifikan terhadap kebingungan konsumen perempuan, kesadaran harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kebingungan konsumen perempuan, tingkat kebutuhan kognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebingungan konsumen perempuan. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Online, Consumer ,Confussion.